Gaya Interaksi Manusia dan Komputer

dialog … antara komputer dan user, gaya-gaya yang berbeda dari interaksi







Gaya interaksi yang biasa dilakukan

• command line interface
• menus
• natural language
• question/answer and query dialogue
• form-fills and spreadsheets
• WIMP
• point and click
• three–dimensional interfaces

Command line interface
  • Cara untuk memberikan instruksi kepada komputer secara langsung – Bisa dilakukan dengan function keys, karakter tunggal, singkatan instruksi, kata (sintaks), atau kombinasinya. 
  • Cocok untuk tugas yang berulang-ulang • Baik untuk user yang expert, tapi menyulitkan bagi pemula • Akses langsung kepada fungsionalitas sistem • Nama instruksi (sintaks) harus bermakna, mudah diingat ! 
Contoh: sistem-sistem berbasis Unix.

Menus
  • Sekumpulan opsi yang ditampilkan di layar • Opsi dapat dilihat oleh user – Mudah digunakan, user tidak perlu menghafal – Pemilihan menu juga harus yang bermakna • Dapat dipilih melalui: – Angka, huruf, arrow keys, mouse – Kombinasi (contoh : Alt + F + U) • Seringkali opsi menu disusun secara hierarki – Diperlukan adanya grouping.
Natural language
  • Sangat mudah digunakan dari perspektif user.
Contoh : speech recognition.
  • Masalah yang muncul : – Instruksi yang samar, tidak jelas – intonasi pengucapan yang kurang tepat – Ambiguitas instruksi perbedaan dialek bahasa – Sangat susah diimplementasi! 
Query interfaces
  • Question/answer interfaces – User dipandu melalui interaksi berdasarkan serangkaian pertanyaan – Cocok untuk pemula – Tidak menyediakan akses kepada fungsionalitas sistem – Biasa digunakan pada sistem informasi. 
  • Query languages (contoh : SQL) – Biasa digunakan untuk mengakses informasi dari database – Memerlukan pemahaman terhadap struktur database dan sintaks bahasa yang terkait (SQL) .
Form-fills
  • Digunakan terutama pada entry data atau pemanggilan data • Tampilan scree dibuat seperti form. • Data dimasukkan pada field yang relevan.
  • Membutuhkan : – Desain yang bagus, alur pengisisan form yang jelas, tidak membingungkan user dalam mengisi data – Perlunya fasilitas koreksi data.
Spreadsheets
  • Aplikasi spreadsheet pertama kali adalah VISICALC, kemudian disusul oleh Lotus 1-2-3 Aplikasi yang umum digunakan saat ini adalah MS Excel.
  • Metode form-filling yang bervariasi – Setiap grid dari cell bisa berisi nilai atau sebuah formula – formula bisa mencakup nilai pada cell yang berlainan contoh : penjumlahan pada beberapa cell – User bisa mengisikan dan merubah data pada spreadsheet , dan menjaga secara konsisten (perubahan akan dilakukan secara otomatis).
Point and click interfaces
  • Biasa digunakan pada aplikasi.. – multimedia – web browsers – hypertext. 
  • User cukup melakukan click pada.. – Icon, text link, atau suatu lokasi pada peta. 
  • Mengurangi pengetikan karakter melalui keyboard.
WIMP Interface

Windows, Icons, Menus, Pointers

… atau bisa juga windows, icons, mice, and pull-down menus!
  • Gaya default untuk sebagian besar sistem komputer yang interaktif , terutama yang berbasis PC atau komputer desktop. 

Interaktifitas 

Look and feel ?

Look and … feel
  • Sistem yang menggunakan basis WIMP interface memiliki elemen-elemen yang sama, yaitu : windows, icons., menus, pointers, buttons, dan sebagainya. • Namun tiap sistem memiliki karakteristik sendiri-sendiri. 
Contoh : perbedaan tampilan menu MacOS vs Windows

Tampilan interface + kebiasaan user = look and feel

Initiative
Inisiatif aksi dari mana ?

old question–answer – komputer

WIMP interface – user

• inisiatif bisa dari sistem atau dari user, tergantung konteks aksi yang dilakukan

• modal dialog box
Dialog box yang tampil dan tidak akan hilang sebelum user melakukan aksi yang tepat – Cocok untuk perbaikan error atau aksi yang penting.