Gaya interaksi yang biasa dilakukan
• command line interface
• menus
• natural language
• question/answer and query dialogue
• form-fills and spreadsheets
• WIMP
• point and click
• three–dimensional interfaces
Command line interface
- Cara untuk memberikan instruksi kepada komputer secara langsung – Bisa dilakukan dengan function keys, karakter tunggal, singkatan instruksi, kata (sintaks), atau kombinasinya.
- Cocok untuk tugas yang berulang-ulang • Baik untuk user yang expert, tapi menyulitkan bagi pemula • Akses langsung kepada fungsionalitas sistem • Nama instruksi (sintaks) harus bermakna, mudah diingat !
Contoh: sistem-sistem berbasis Unix.
Menus
Menus
- Sekumpulan opsi yang ditampilkan di layar • Opsi dapat dilihat oleh user – Mudah digunakan, user tidak perlu menghafal – Pemilihan menu juga harus yang bermakna • Dapat dipilih melalui: – Angka, huruf, arrow keys, mouse – Kombinasi (contoh : Alt + F + U) • Seringkali opsi menu disusun secara hierarki – Diperlukan adanya grouping.
Natural language
- Sangat mudah digunakan dari perspektif user.
- Masalah yang muncul : – Instruksi yang samar, tidak jelas – intonasi pengucapan yang kurang tepat – Ambiguitas instruksi perbedaan dialek bahasa – Sangat susah diimplementasi!
Query interfaces
- Question/answer interfaces – User dipandu melalui interaksi berdasarkan serangkaian pertanyaan – Cocok untuk pemula – Tidak menyediakan akses kepada fungsionalitas sistem – Biasa digunakan pada sistem informasi.
- Query languages (contoh : SQL) – Biasa digunakan untuk mengakses informasi dari database – Memerlukan pemahaman terhadap struktur database dan sintaks bahasa yang terkait (SQL) .
Form-fills
- Digunakan terutama pada entry data atau pemanggilan data • Tampilan scree dibuat seperti form. • Data dimasukkan pada field yang relevan.
- Membutuhkan : – Desain yang bagus, alur pengisisan form yang jelas, tidak membingungkan user dalam mengisi data – Perlunya fasilitas koreksi data.
Spreadsheets
- Aplikasi spreadsheet pertama kali adalah VISICALC, kemudian disusul oleh Lotus 1-2-3 Aplikasi yang umum digunakan saat ini adalah MS Excel.
- Metode form-filling yang bervariasi – Setiap grid dari cell bisa berisi nilai atau sebuah formula – formula bisa mencakup nilai pada cell yang berlainan contoh : penjumlahan pada beberapa cell – User bisa mengisikan dan merubah data pada spreadsheet , dan menjaga secara konsisten (perubahan akan dilakukan secara otomatis).
Point and click interfaces
- Biasa digunakan pada aplikasi.. – multimedia – web browsers – hypertext.
- User cukup melakukan click pada.. – Icon, text link, atau suatu lokasi pada peta.
- Mengurangi pengetikan karakter melalui keyboard.
WIMP Interface
Windows, Icons, Menus, Pointers
… atau bisa juga windows, icons, mice, and pull-down menus!
- Gaya default untuk sebagian besar sistem komputer yang interaktif , terutama yang berbasis PC atau komputer desktop.
Baca juga : Elemen pada wimp interface
Interaktifitas
Look and feel ?
Look and … feel
- Sistem yang menggunakan basis WIMP interface memiliki elemen-elemen yang sama, yaitu : windows, icons., menus, pointers, buttons, dan sebagainya. • Namun tiap sistem memiliki karakteristik sendiri-sendiri.
Contoh : perbedaan tampilan menu MacOS vs Windows
Tampilan interface + kebiasaan user = look and feel
Initiative
Inisiatif aksi dari mana ?
old question–answer – komputer
WIMP interface – user
• inisiatif bisa dari sistem atau dari user, tergantung konteks aksi yang dilakukan
• modal dialog box
Dialog box yang tampil dan tidak akan hilang sebelum user melakukan aksi yang tepat – Cocok untuk perbaikan error atau aksi yang penting.