Pengolahan Vector



Logo
Salah satu gambar vector yang membutuhkan penangan khusus adalah Logo .
  • Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sketsa yang memiliki arti tertentu untuk mewakili sesuatu, seperti produk, perusahaan, daerah, perkumpulan, instansi, dll.
  • Dari penjelasan diatas, logo merupakan penyederhanaan dari sesuatu yang membutuhkan kemudahan dari sesuatu tersebut agar lebih singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
  • Dengan kata lain logo adalah elemen yang memberikan umpan balik ke pelanggan potensial untuk memudahkan pengenalan sesuatu.
Elemen Logo
Terdapat 3 elemen yang penting untuk diperhatikan dalam proses pembuatan logo :
  1. Nama Kaitannya dengan kata atau bunyi
  2. Simbol Kaitannya dengan bentuk visual
  3. Warna Selain sebagai daya tarik visual dan makna simbolik, warna juga berkaitan dengan pengaruh psikologis.
Prinsip Dasar Logo
Logo Harus Sederhana (Simple)
Desain logo yang sederhana dapat mudah dikenali, serbaguna, dan diingat. Logo bagus menonjolkan sesuatu yang tak disangka atau unik tanpa harus berlebihan

Logo Harus Mudah Diingat (Memorable)
Selain prinsip kesederhanaan, daya ingat juga penting. Desain Logo efektif harus mudah diingat. Hal ini dapat dicapai dengan memiliki logo sederhana namun sesuai

Logo Harus Bertahan Lama (Timeless)
Logo efektif harus bertahan lama. Akankah logo tersebut masih tetap efektif dalam 10, 20, 50 tahun ke depan?

Logo Harus Serbaguna (Versatile)
Logo efektif harus dapat digunakan dalam berbagi medium dan aplikasi. Untuk alasan ini, logo seharusnya didesain dalam format vector, supaya ukurannya dapat ubah-ubah. Logo juga harus terdiri dari satu warna saja

Logo Harus Sesuai (Appropriate)
Cara Anda menempatkan logo harus sesuai dengan tujuannya. Contohnya, bila Anda mendesain logo untuk toko mainan anak-anak, font dan warna bertema anak-anak akan menjadi pilihan bagus. Sebaliknya, mereka tidak akan cocok untuk perusahaan hokum.

Klasifikasi Logo
Secara sederhana, logo dapat dapat dibagi (diklasifikasikan) menjadi 3 jenis, yaitu :
  1. Word Mark / Brand Name / Logotype Logo yang tersusun dari bentuk terucapkan (rangkaian huruf yang dapat dibaca / diucapkan).
  2. Device Mark / Brand Mark / Logogram Logo yang tersusun dari bentuk tak terucapkan (gambar).
  3. Logotype and Logogram Logo yang tersusun dari bentuk terucap dan bentuk tak terucap (penggabungan logo jenis logotype dan logogram).
Jenis-jenis Logo

Typography
Terdiri dari susunan huruf dimana nama perusahaan seluruhnya akan digunakan untuk membuat logo. Logo dengan bentuk paling sederhana yang hanya memainkan jenis huruf dan juga warna.

Pictoral Mark
Logo yang hanya berbentuk sebuah gambar atau bentuk yang mudah dikenali yang digunakan untuk mewakili perusahaan.

Abstract Mark
Bentuk abstrak atau simbol digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai perusahaan. Simbol-simbol abstrak disini maksudnya adalah simbol yang mungkin hanya dapat dimengerti oleh pihak perusahaan saja.

Innitial Letter Form
Logo yang berbentuk inisial dari nama perusahaan. Logo tampak terlihat lebih berkelas dan elegan.

Emblem
Logo yang diselimuti oleh elemen bergambar atau bentuk nama. Kebanyakan yang menggunakan logo ini selain perusahaan adalah klub-klub sepakbola, group band, komunitas-komunitas otomotif dan masih banyak lagi.

Character / Mascot
Bentuk grafis yang terdiri dari karakter untuk mewakili perusahaan. Logo ini memiliki ciri khas mascot yang seakan-akan nyata yang bisa berupa manusia, benda, hewan, ataupun tumbuhan.

0 komentar

Post a Comment