Perbedaan Persediaan Deterministik Dan Probabilistik


Persediaan merupakan suatu material atau produk yang disimpan dan kemudian digunakan atau dijual pada periode yang akan datang. Adapun fungsi dari permintaan salah satunya yaitu untuk memenuhi tingkat permintaan yang tinggi yang tidak dapat segera dipenuhi, dikarenakan dalam memproduksinya diperlukannya bahan baku. 

Model deterministik adalah sebuah model yang dimana terdapat gejala yang dapat diukur dengan derajat kepastian yang cukup tinggi. Di dalam model deterministik ini semua parameter serta variable telah diketahui atau dapat dihitung secara pasti. Model persediaan EOQ (Economic Order Quantity) termasuk di dalam model deterministic dengan beberapa asumsi yang digunakan di dalam model EOQ ini, yaitu: 
  1. Lead time penerimaan konstan atau tetap 
  2. Kekurangan persediaan tidak diperbolehkan 
  3. Pemesanan datang sekaligus 
  4. Rata-rata permintaan diketahui dengan pasti dan konstan 
  5. Harga bahan baku konstan dalam periode tertentu 
Kejadian yang deterministik ialah kejadian yang pasti terjadi. Contohnya pada perkebunan rambutan, yang dimana musim panen pohon rambutan sudah dapat dipastikan, sehingga petani rambutan dapat memperkirakan berapa jumlah pupuk yang akan dipesan dan dapat mengetahui seberapa banyak permintaan yang akan terjadi. 

Model probabilistik/stokastik adalah sebuah model yang didalamnya terdapat permintaan yang terjadi tidak selamanya konstan. Terkadang permintaan suatu barang itu bervariasi dan juga mengikuti distribusi probabilistik tertentu. Dalam menghadapi permintaan yang beravriasi biasanya perusahaan memiliki persediaan yang biasa disebut dengan safety stock. System persediaan kontinu (system Q,r) dan system persediaan periodic (system P) merupakan model yang digunakan dalam penyelesaian permintaan probabilistic dengan menggunakan beberapa asumsi, yaitu: 
  1. Lead time pemesanan konstan 
  2. Harga barang yang dipesan konstan dan tidak tergantung pada ukuran 
  3. Biaya simpan per tahun kosntan dan tidak tergantung pada jumlah barang yang disimpan 
Kejadian yang probabilistic ialah kejadian yang belum pasti. Contohnya jumlah pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka akan meningkat sangat tinggi pada hari-hari weekend dan juga liburan sekolah. Akan tetapi, pada hari Senin-Jum’at juga terdapat pengunjung dengan jumlah yang tidak tentu.

0 komentar

Post a Comment