STAKEHOLDER LAZADA

Stakeholder adalah pemegang kepentingan finansial pada perusahaan, seperti investor namun mereka tidak memiliki saham pada perusahaan tersebut. Siapa pun yang terkena dampak atau memberikan dampak finansial pada perusahaan Lazada maka dapat dikatakan sebagai stakeholder.

Seperti karyawan dan konsumen, mengapa demikian mereka dikatakan stakeholder? Karena, karyawan bekerja pada perusahaan agar produk nya terjual sehingga akan memberikan hasil yang positif terhadap finansial perusahaan tersebut, sedangkan konsumen dengan membeli produk perusahaan tersebut maka ikut juga berpartisipasi dalam memberikan dampak positif terhadap perusahaan.
Salah satu Stakehoder pada lazada yaitu :

1. Pemilik
LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA_Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Jaringan LAZADA, Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet.

2. Karyawan
Lazada menggandeng beberapa agen ekspedisi terkemuka dan terpercaya di Indonesia seperti JNE, First Logistics, Pandu Logistics dan LazadaExpress.

3. Kreditor
Lazada menggandeng partner perbankan untuk mengatasi masalah product payment melalui transfer ke rekening Lazada, dalam hal ini Lazada menggandeng Bank BCA, Bank Mandiri, CIMB Niaga, dan Bank BNI. Pembayaran melalui kartu kredit juga disediakan oleh Lazada.

4. Pemasok
Lazada membutuhkan bahan baku untuk menjalankan produksi dan menghasilkan produk, oleh karena itu kinerja perusahaan sebagian ditentukan juga dengan kemampuan pemasok dalam mengantarka dan memenuhi bahan baku tepat pada waktunya. Salah satu pemasoknya yaitu Blackberry, Samsung dan beberapa produk yang ada di website Lazada.

5. Pelanggan
Lazada sebagai ecommerce membutuhkan pelanggan sebagai pemegang kepentingan karena keuntungan yang diperoleh perusahaan berasal dari produk perusahaan yang dibeli oleh pelanggan. Oleh karena itu, untuk menarik pelanggan perusahaan harus memberikan barang dengan kualitas dan harga yang sesuai.

berikut adalah flowcart penjualan online dari Lazada
Gambar : Flowcart Lazada