Definisi IMK (1)
Ø IMK adalah sebuah tinjauan terhadap proses desain suatu system computer yang interaktif untuk dapat dimanfaatkan oleh manusia dan studi terhadap konteks dimana system tersebut digunakan.
“HCI concerns the design of interactive computing system for human use and the study of the contexts in which those systems are used (ACM SIGCH, 1992, p.6)
Definisi IMK (2)
Ø IMK adalah sebuah disiplin ilmu yang memiliki focus pada proses desain, evaluasi, dan implementasi terhadap system komputer interaktif untuk pemanfaatan amnesia dan studi terhadap fenomena-fenomena utama yang ada di sekitarnya
“Human-computer interaction is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing systems for human use and with the study of major phenomena surrounding them." (Hewett et al., 1992, 5)
Disiplin ilmu yang terkait dengan IMK
Memahami manusia sebagai individu
◦ Physiology : kemampuan fisik manusia
◦ Psychology : memahami dan memodelkan user
◦ Linguistics : memahami komunikasi verbal
◦ Ergonomics : memahami komunikasi non-verbal
Memahami manusia yang berinteraksi dalam kelompok sosial
◦ Sociology : organisasi sosial
◦ Philosophy : norma, etika dan konsistensi
◦ Anthropology : budaya
◦ Art/Design : estetika, seni
Memahami & meningkatkan kemampuan sistem komputer
◦ Engineering: perangkat keras
◦ Ilmu komputer / informatika
- Artificial Intelligence: pemodelan user, mengelola pengetahuan
- Graphics: presentasi visual - Natural Language Processing: komunikasi “alami”
- Speech/Image processing: persepsi dan respon dari sisi komputer
Memahami proses desain dan implementasi sistem komputer
◦ Rekayasa perangkat lunak
◦ Evaluasi statistik
◦ Melakukan eksperimen/uji coba system
Tujuan IMK adalah untuk meningkatkan kualitas interaksi antara manusia dan sistem komputer
Tujuan IMK?
Aspek yang mempengaruhi kualitas interaksi :
- Keefektifan (Effectiveness)
- Tingkat produktivitas (Productivity)
- Aspek moral/ etika (Morale)
- Keamanan (Safety)
To be able to DESIGN: How the user interaction and experience should work and look?
To be able to SELECT: What user interaction design is best for a given purpose in a context?
To be able to EVALUATE: How good a specific user interaction is?
Semoga Bermanfaat . . . .