- Text.
- Graphics.
- Images.
- Animation.
- Audio.
- Video.
Source/Input Keyboard stroke, Speech Recognition, Optical Character Recognition (OCR)
Format
3. Images
Citra diam yang direpresentasikan sebagai grid of pixels (bitmap)
- PlainText (.txt, …).
- RichText (.doc, .odt, …).
- HyperText (.html, .xml, .docx, …).
- Special Format Text (spreadsheet/.xsl, …).
- Binary Encoded Text
Size : Least significant
2. Graphics
Input
Digambar menggunakan pointing device (mouse, touchpad, trackpad, drawing pen, dll) melalui software pengolah grafis (CorelDRAW, Adobe Illustrator, dll)
Format
Berupa vektor (garis, poligon, kurva, lingkaran, dll) Editable
Size : Relatif kecil, tidak banyak overhead
Size : Relatif kecil, tidak banyak overhead
3. Images
Citra diam yang direpresentasikan sebagai grid of pixels (bitmap)
Input : Captured or Scanned
Format
Format
- Disimpan sebagai informasi per pixel tergantung kedalaman warna (1bit - B/W, 8bit - GreyScale, 24bit - True Color, …).
- Editable with some limitation.
Size
- Semakin tinggi kualitas, semakin besar pula.
- Tinggi overhead.
- Lazim melibatkan proses kompresi.
4. Animation
Media grafis yang memiliki dimensi waktu (multiple frame).
Media grafis yang memiliki dimensi waktu (multiple frame).
Input
Digambar menggunakan pointing device (mouse, touchpad, trackpad, drawing pen, dll) melalui software animator (misal: Adobe Flash)
Format - File mentah berupa vektor (garis, poligon, kurva, lingkaran, dll).
- Editable.
- Animasi jadi umumnya disimpan dalam bentuk binary (rendered) - noneditable (e.g. SWF)
Size
- Relatif kecil & tidak banyak overhead.
- Linear dengan fungsi waktu & jumlah frame.
5. Audio
Sinyal audio adalah sinyal analog - perlu digitisasi
Input
Sinyal audio adalah sinyal analog - perlu digitisasi
Input
- Hasil digitasi suara yang direkam melalui microphone/recorder.
- Digenerate langsung secara digital.
Format :Digital audio dengan format mono/stereo, disimpan dalam bit-rate & frekuensi tertentu (e.g. standard CD Audio quality: 16-bit, 44KHz)
Size
- Relatif besar & banyak overhead.
- Linear dengan fungsi waktu & kualitas audio / tingkat kedetilan digitisasi sinyal audio.
- Lazim melibatkan kompresi.
6. Video
Citra bergerak yang direpresentasikan sebagai grid of pixels (bitmap) dalam fungsi waktu, juga bisa memuat media audio (Audio/Video)
Input : Direkam menggunakan video recorder.
Format
- Disimpan sebagai informasi per pixel per frame per detik (e.g. standard DVD quality: 720 x 576 pixels, 25 fps).
- Editable with some limitation.
Size
- Relatif besar, sangat tinggi overhead.
- Semakin tinggi kualitas, semakin besar pula.
- Sangat membutuhkan proses kompresi.
Perangkat Multimedia
Berdasarkan Jenis Fisik
- Perangkat Keras (H/W)
- Perangkat Lunak (S/W)
Berdasarkan Fungsi
- Multimedia Authoring Tool : Memproduksi aplikasi/data multimedia
- Multimedia Player : Menjalankan aplikasi/data multimedia.
Hardware – Authoring Tool
- Digital still camera.
- Video recorder.
- Multimedia PC
Hardware – Player
- MP3 Player.
- DVD Player.
- LCD Monitor.
- Multimedia PC.
Software – Authoring Tool
- Adobe Photoshop.
- Adobe Premiere.
- Adobe Flash.
- CorelDRAW.
Software – Player
- Windows Media Player.
- Apple iTunes.
- Apple QuickTime.
- Adobe Flash Player.
- Web Browser (IE, Firefox, Chrome, Safari, Opera).
0 komentar
Post a Comment