Sebuah game
yang akan menjalankan 2 jenis kendaraan yang berbeda. Yaitu kendaraan Mobil dan
kendaraan Motor dengan satu kontrol yang berfungsi sebagai kemudi dan segala
perlalatan navigasinya. Untuk itu di perlukan satu kelas yang bisa berfungsi
seperti setir kanan dan kiri, gas, rem, dsb. Pada intinya kelas ini mengenai
antarmuka kendaraan dengan user atau bisa dikatakan navigasi.
Untuk
pemecahan kasus diatas diperlukan 3 kelas utama dan pemanfaatan interfaces.
Diantaranya adalah :
- Kelas Main : kelas ini adalah kelas untuk kemudi dan segala perlalatan navigasinya, kelas ini berfungsi sebagai input user seperti setir kana kiri, gas, rem, dsb.
- Kelas Mobil : kelas ini untuk menjalankan mobil, ibarat mesin yang menjalankan mobil.
- Kelas Motor : sama seperti kelas mobil, ibaratnya kelas ini adalah mesin dari motor.
Membuat
program yang reusable , menurut kami inilah fungsi dari interfaces.
Dari kasus
di atas pada paragraf satu. Kami ingin menggunakan satu control untuk
mengontrol dua atau lebih kendaraan yang sangat berbeda. Bahkan bisa jadi akan
muncul kelas-kelas baru seperti Tank, dll, tentu akan memakan waktu yang cukup
lama jika kami akan membuat satu kelas
control untuk satu kendaraan.
Untuk itulah
kami perlu interfaces yang menyeragamkan semua tipe kendaraan yang berbeda agar
bisa di kontrol secara bersamaan. Kita bisa buat interface ControlKendaran.
Jadi intinya Main tidak mengenal apa itu mobil, Motor, dsb. Yang Main tahu
adalah dapat mengontrol interface ControlKendaraan.
berikut adalah secreenshot dari aplikasi penggunaan interfacess
Download filenya dan jalankan di java
--- Semoga Bermanfaat ---