Contoh Kasus Penggunaan interfaces pada Java





Penggunaan interfaces pada dua kendaraan yang berbeda

Sebuah game yang akan menjalankan 2 jenis kendaraan yang berbeda. Yaitu kendaraan Mobil dan kendaraan Motor dengan satu kontrol yang berfungsi sebagai kemudi dan segala perlalatan navigasinya. Untuk itu di perlukan satu kelas yang bisa berfungsi seperti setir kanan dan kiri, gas, rem, dsb. Pada intinya kelas ini mengenai antarmuka kendaraan dengan user atau bisa dikatakan navigasi.
Untuk pemecahan kasus diatas diperlukan 3 kelas utama dan pemanfaatan interfaces. Diantaranya adalah :
  1. Kelas Main : kelas ini adalah kelas untuk kemudi dan segala perlalatan navigasinya, kelas ini berfungsi sebagai input user seperti setir kana kiri, gas, rem, dsb.
  2. Kelas Mobil : kelas ini untuk menjalankan mobil, ibarat mesin yang menjalankan mobil. 
  3. Kelas Motor : sama seperti kelas mobil, ibaratnya kelas ini adalah mesin dari motor.
Membuat program yang reusable , menurut kami inilah fungsi dari interfaces. 

Dari kasus di atas pada paragraf satu. Kami ingin menggunakan satu control untuk mengontrol dua atau lebih kendaraan yang sangat berbeda. Bahkan bisa jadi akan muncul kelas-kelas baru seperti Tank, dll, tentu akan memakan waktu yang cukup lama jika kami akan membuat  satu kelas control untuk satu kendaraan.

Untuk itulah kami perlu interfaces yang menyeragamkan semua tipe kendaraan yang berbeda agar bisa di kontrol secara bersamaan. Kita bisa buat interface ControlKendaran. Jadi intinya Main tidak mengenal apa itu mobil, Motor, dsb. Yang Main tahu adalah dapat mengontrol interface ControlKendaraan.   

berikut adalah secreenshot dari aplikasi penggunaan interfacess



Download filenya dan jalankan di java


--- Semoga Bermanfaat ---