Teknologi Cloud Computing & Virtualisasi

Pengertian cloud computing?
Cloud Computing atau komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Sebutan cloud sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada teknologi jaringan internet. Pada teknlogi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server.

2. Kapan sebuah organisasi/perusahaan/instansi menggunakan layanan cloud computing?
Cloud Computing dalam pemerintahan (E-Goverment) dapat mendongkrak kinerja khususnya dalam bidang pemerintahan. E-Goverment dapat membantu para staff di bidang pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat. Pemerintah dalam negara Indonesia telah menggunakan cloud computing. Contoh pertama yaitu sebagai penyediaan sumber informasi. Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyediakan layanan Cloud Computing sebagai layanan jasa alih daya pengelolaan TIK untuk instansi pemerintah.

Konsep-konsep cloud computing di bawah ini beserta contohnya!
  1. Software as a Service (SaaS)
    Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh : layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+.
  2. Platform as a Service (PaaS)
    Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Contoh : penyedia layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)
    Infrastructure as a Service adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Contoh : TelkomCloud dan BizNetCloud
Pengertian virtualisasi?
Virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi, perangkat storage/penyimpanan data atau sumber daya jaringan.

Perbedaan antara Hosted architecture dan Bare-metal architecture dalam virtualisasi? 
  1. Hosted Architecture yang dikenal dengan hypervisor tipe 2. Hypervisor tipe ini berperan sebagai software untuk menjalankan dan mengatur virtual machine. Akses resource hardware yang dibutuhkan oleh virtual machine harus melewati OS.
  2. Bare-metal architecture yang dikenal dengan hypervisor tipe 2. Hypervisor tipe ini berjalan langsung diatas perangkat keras server, artinya tidak di perlukan sistem operasi lain untuk menjalankan hypervisor tipe 1 ini . dengan begitu hypervisor memiliki akses langsung ke hardware tanpa harus melewati OS
Jenis-jenis virtualisasi di bawah ini beserta contohnya!
  1. Server virtualization
    partisi dari sebuah server fisik ke server virtual yang lebih kecil untuk membantu memaksimalkan sumber daya server Anda. Dalam virtualisasi server sumber daya dari server itu sendiri tersembunyi, atau bertopeng, dari pengguna, dan perangkat lunak yang digunakan untuk membagi server fisik menjadi beberapa lingkungan virtual, yang disebut virtual atau private servers. Contoh : Web server
  2. Desktop virtualization
    teknologi virtualisasi yang digunakan untuk memisahkan suatu lingkungan desktop komputer dari komputer fisik . Virtualisasi desktop dianggap sebagai jenis model komputasi client-server karena ” virtual ” desktop yang disimpan pada terpusat , atau remote , server dan bukan mesin fisik yang virtual . Contoh : VDI (Virtual Desktop Infrastructure)
  3. Application virtualization
    Virtualisasi aplikasi berlapis-lapis di atas teknologi virtualisasi lainnya, seperti virtualisasi storage atau mesin virtualisasi untuk memungkinkan sumber daya komputasi untuk didistribusikan secara dinamis secara real time. Virtualisasi aplikasi adalah teknologi perangkat lunak yang merangkum software aplikasi dari sistem operasi yang mendasari di mana ia dieksekusi. Contoh : Wine memungkinkan beberapa aplikasi Microsoft Windows untuk berjalan di Linux.
  4. Network virtualization
    adalah metode menggabungkan sumber daya yang tersedia dalam jaringan dengan cara membagi bandwidth yang tersedia ke dalam beberapa channel, yang masing-masing saling independen satu dengan yang yang lain, dan masing-masing yang dapat ditugasi (atau dialih-tugaskan) ke dalam beberapa server atau perangkat secara real time. Contoh :VLAN, Virtual IP (untclustering), Multilink
  5. Storage virtualization
    adalah penggabungan penyimpanan fisik dari jaringan beberapa perangkat penyimpanan ke dalam apa yang tampaknya menjadi satu perangkat penyimpanan yang dikelola oleh konsol pusat Penyimpanan virtualisasi yang umum digunakan di storage area networks (SAN). Contoh :RAID, LVM
Perbedaan antara teknologi virtualisasi dengan teknologi kontainer?
Virtualisasi keseluruhan resource hardware yang ada pada host, sehingga jika diibaratkan host langsung menjalankan double sistem operasi sekaligus, sedangkan container bersifat seperti aplikasi, dan hanya menggunakan sedikit resource dari host, Docker ini seolah – olah juga seperti menjalankan aplikasi biasa.

Pengertian docker?
Docker adalah salah satu platform yang dibangun berdasarkan teknologi container. Docker merupakan sebuah project open-source yang menyediakan platform terbuka untuk developer maupun sysadmin untuk dapat membangun, mengemas, dan menjalankan aplikasi dimanapun sebagai sebuah wadah (container) yang ringan. Dengan sangat populernya docker, sebagian orang sering menganggap docker adalah sebutan lain untuk container.

Perbedaan antara Monolithic dan Microservice dalam pengembangan sebuah sistem?
  1. monolithic :memiliki arsitektur yang terpusat dan teknologi yang seragam.
  2. microservice : menggunakan desain yang memecah aplikasi berdasarkan fungsinya secara spesifik.

0 komentar

Post a Comment