Apa yang dimaksud IT Infrastucture Library (ITIL)

Pengertian IT Infrastucture Library (ITIL)?
ITIL adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library adalah merek dagang legal dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detil mengenai praktik (TI) yang penting yang lengkap serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi (TI).

Proses-proses  yang terdapat pada ITIL Service Operation
Service operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan pada semua layanan TI. Panduan-panduan nya mencakup bagaiman menjaga kestabilan operasional layanan TI dan pengelolaan perubahan desain, skala, ruang lingkup serta target kinerja pada layanan TI.

Proses-proses yang dicakup dalam Service Transition yaitu:
a) Event Management
b) Incident Management
c) Problem Management
d) Request Fulfillment
e) Access Management

Pengertian incident dalam ITIL
a) Gangguan yang tidak direncanakan terhadap IT service
b) Penurunan kualitas dari IT service
c) kegagalan terhadap salah satu Configuration Item (CI) yang tidak berdampak terhadap IT service

Tujuan dari Incident Management dalam ITIL
Tujuan dari adalah Incident Management untuk mengembalikan “normal service operation” secepat mungkin untuk meminimalkan dampak terhadap bisnis dan memastikan kualitas dan availability dari service level sebaik mungkin.

Mengapa harus menggunakan Incident Management?
Incident Management adalah salah satu proses dalam ITIL, yangdimana proses ini adalah salah satu proses yang diterapkan pertama kali saat implementasi ITIL. Oleh sebab itu proses ini berhadapan langsung dengan customer/user, sehingga sangat mempengaruhi persepsi customer terhadap Service Provider.

Soal Studi kasus
Anda adalah operator jaringan di kantor Anda. Suatu waktu di salah satu komputer di kantor Anda muncul pesan "System Ip Conflict with other computer". Apakah yang akan Anda lakukan sebagai bentuk troubleshooting jaringan agar masalah tersebut dapat diatasi? Sebutkan secara singkat dan jelas!

Jawab :
“System Ip Conflict with other computer”? adalah error atau kesalahan yang disebabkan karena ditemukannya IP Address yg mempunyai nomor urut sama. Cara mengatasinya adalah : 
  1. Pastikan setiap komputer yang terhubung telah menggunakan IP address yang unik (tidak ada yang samadengan user yang lain).
  2. Jika kerusakan terjadi pada DHCP server, maka reboot router pada jaringan dan ketika telah jalan normal, IP address baru akan diberikan pada setiap computer user. 
  3. Jika memungkinkan, masuk ke sistem dalam router DHCP server untuk menentukan IP address tertentu hanya digunakan untuk perangkat yang tertentu. 
  4. Upgrade firmware pada router yang digunakan. 
Suatu ketika komputer anda tidak dapat melakukan browsing web, semua website gagal diakses. Anda kemudian melakukan usaha troubleshooting. Sebagai langkah troubleshooting, anda melakukan ping ke alamat publik internet e.g. 202.162.32.6. Dari hasil ping, anda mendapatkan echo-reply. Dengan asumsi komputer tidak terkena virus/spyware/browser hijack, dari skenario tersebut, apa yang kira-kira menjadi penyebab mengapa Anda tidak dapat melakukan browsing? Solusinya apa?

Jawab :
Biasanya penyebab dari sekenario tersebut salah satunya dapat disebabkan oleh Winsock windows komputer atau yang corrupt, WINSOCK atau Windows socket API adalah sebuah mekanisme yang menyediakan sarana komunikasi antar komputer dalam jaringan.

Solusinya adalah :
a) reset WINSOCK yang ada di computer melalui Command Prompt Administrator.
b) Kemudaian restart computer kembali.
c) Dan cobalah browsing kembali melalui web browser

0 komentar

Post a Comment