Mengenal Tokoh Penting Dalam Dunia Komputer



Teknologi komputer sudah berkembang pesat dari tahun ke tahun, semua tentunya mengikuti kebutuhan pasar dan untuk kemajuan semua, perkembangan tersebut mungkin tak terlepas dari beberapa peran yang telah bekerja keras untuk peradaban dan kemajuan umat manusia..

tanpa memperpanjang penjelasn, saya akan coba merangkum siapa-siapa saja tokoh dalam dunia IT ini...

1. James Gosling



James Gosling O.C., Ph.D adalah seorang pengembang perangkat lunak, yang terkenal terutama sebagai bapak bahasa pemograman Java. Ia lahir di dekat Calgary, Alberta, Kanada, 19 Mei 1955  (56 tahun)
Java adalah bahasa pemrograman dan perangkat yang  diciptakan oleh James Gosling dan teman-temannya  pada tahun 1994. Java pada awalnya diberi nama Oak dan dikembangkan sebagai bagian dari Green Project  di Perusahaan Sun. Penulisan Java dimulai pada Desember 1990. Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling berusaha untuk mencari tahu “gelombang selanjutnya” dalam ilmu komputasi.

Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “Bapak Java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).

2. Larry Ellison

Lawrence Joseph “Larry” Ellison (lahir 17 Agustus 1944) adalah seorang tokoh bisnis Amerika, pendiri dan CEO  Oracle Corporation, salah satu perusahaan perangkat lunak database terbesar di dunia. Bisa dibilang Larry Ellison lah yang membuat Oracle menjadi sebuah konsep Relational Database System yang dibutuhkan oleh berbagai industri di dunia seperti saat ini. Mulai menciptakan konsep database pada 1970, 40 tahun kemudian konsep yang ia kemukakan telah menjadi sebuah sendi penting dari industri-industri dunia serta berbagai macam bisnis yang ada pada saat ini. Pada 2011 ia adalah orang kelima terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi $ 39.500.000.000,-.
Ellison lulus dari Eugene Field Elementary School, Sekolah Dasar di sisi utara Chicago pada bulan Januari, 1958 dan melanjutkan ke Sullivan High School setidaknya sampai musim gugur tahun 1959 sebelum pindah ke South Shore.  Ellison dibesarkan di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur di Chicago Selatan di lingkungan Yahudi kelas menengah. Ellison mengingat ibu angkatnya sebagai pribadi yang hangat dan penuh kasih, berbeda dengan sifat keras yang dia warisi dari ayah angkatnya, seorang Yahudi Rusia dari Krimea yang mengadopsi nama Ellison untuk menghormati pulau dimana ia masuk ke Amerika Serikat, Ellis Island. Louis, ayah angkatnya, adalah seorang pegawai pemerintah sederhana yang mencari sebuah keberuntungan kecil di Chicago real estat, hanya untuk menghilangkan selama depresi yang dialaminya.

Ellison adalah seorang mahasiswa cerdas namun lalai. Dia meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign pada akhir tahun kedua, setelah tidak mengambil ujian akhir angkatnya karena ibu angkatnya baru saja meninggal. Setelah menghabiskan musim panas di California Utara, di mana ia tinggal dengan temannya Chuck Weiss, ia masuk University of Chicago selama satu periode, di mana ia pertama kali bertemu dan merancang komputer. Pada tahun 1964, pada usia 20 tahun, ia pindah ke California utara secara permanen.
Selama tahun 1970, setelah bertugas sebentar di Amdahl Corporation, Ellison bekerja untuk Ampex Corporation. Salah satu proyeknya adalah database untuk CIA, yang ia beri nama “Oracle”.

3. Norman Joseph Woodland


Lahir 6 September 1921 dikenal sebagai salah satu penemu barcode, di mana dia menerima US Patent 2.612.994 pada bulan Oktober 1952. Ia juga dikenal sebagai N.Joseph Woodland dan NJ Woodland. Woodland lahir di Atlantic City, New Jersey.

Setelah lulus dari Atlantic City High School, Woodland melanjutkan untuk mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Mesin (BSME) dari Drexel University tahun 1947. Selama dinas militer di Perang Dunia II, Woodland bekerja sebagai asisten teknis dengan Proyek Manhattan di Oak Ridge, Tennessee. Dari 1948-1949, Woodland bekerja sebagai dosen di teknik mesin di    Drexel. Dan saat detik ini dia dijuluki ” The Father of the Supermarket scanning system”.


 4. Edsgar Wybe Dijkstra


Edsgar Wybe Dijkstra adalah salah seorang kontributor utama dalam pengembangan ALGOL, sebuah bahasa pemrogaman tingkat tinggi. Dan juga, merupakan salah seorang pengembang dari ilmu dan dari bahasa pemrograman secara umum.
Dijkstra dilahirkan di Rotterdam, Belanda pada tahun 1930. Putera dari ayah seorang kimiawan dan ibu seorang matematikawan. Dia adalah lulusan dari The Gymnasium Erasmianum di Rotterdam, dan mendapatkan gelar dalam bidang matematika dan fisika teori dari universitas Leyden, dan gelar Ph.D. dalam ilmu komputer dari universitas Amsterdam. Dia bekerja sebagai programmer di pusat matematika, Amsterdam pada tahun 1952 sampai denga tahun 1962. Pada tahun 1962 hingga tahun 1984, dia menjadi professor matematika di Universitas Teknik Eindhoven. Dia mengadakan Schlumberger Centennial Chair in Computing Sciences di Universitas Texas pada tahun 1984 sampai dengan tahun 1999, dan mundur dengan menyandang gelar sebagai professor kehormatan pada tahun 1999.

5. Adam Osborne



Adam Osborne adalah salah seorang pemegang peranan penting dan berpengaruh dalam sejarah awal PC. Adam Osborne dilahirkan di Thailand pada tahun 1939, dan menghabiskan masa kanak-kanaknya di Tamil Nadu, India selatan, bersama kedua orang tuanya yang berkebangsaan Inggris. Osborne pindah ke Inggris pada usianya yang ke 11, dan pada tahun 1961 lulus dari universitas Birmingham sebagai sarjana muda di bidang teknik kimia. Setelah pindah ke Amerika, dia menyelesaikan pendidikannya di universitas Delaware sebagai Ph.D di bidang teknik kimia, dan cepat mendapatkan pekerjaan di Shell Oil.


6. Al Khwarizmi
Terminologi algoritma, mungkin bukan sesuatu yang asing bagi kita. Penemunya adalah seorang ahli matematika dari uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Di literatur barat beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Kedua orangtuanya kemudian pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (Irak), ketika ia masih kecil. Khwarizm dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika, konsep yang diambil dari nama belakangnya.



7. Bill Atkinson


Bagi anda para penggemar Apple tentu akan sangat sayang sekali jika tidak mengenal tokoh yang satu ini. Beliau adalah Bill Atkinson, programer jenius dibalik QuickDraw, MacPaint, dan HyperCard. Bill Atkinson juga merupakan anggota tim Macintosh di Apple Computer. Sebagai salah seorang arsitek software di Macintosh, Bill juga seorang menjadi pionir dalam teknik pencetakan digital dan ahli dalam color manajement Bill telah mengembangkan profil ICC untuk Calypso Imaging Inc.





 8. Bill Gates

William Henry Gates III atau lebih terkenal dengan sebutan Bill Gates, lahir di Seatle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayah Bill, Bill Gates Jr., bekerja di sebuah firma hukum sebagai seorang pengacara dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi “hiking”,bahkan hingga kini pun kegiatan ini masih sering dilakukannya bila ia sedang “berpikir”.





9. Brian W. Kernighan


Sejak tahun 1969 Brian Kernighan bekerja di Bell Laboratories, Lucent Technologies di Muray Hill. Selama 20 tahun Kernighan mengepalai The Computing Structures Research Department. Bidangnya adalah mengenai software tools, application-oriented language, programming methodology dan user interfaces. Kernighan juga sebagai consulting editor untuk Addison-wesley`s professional computing series. Brian Kernighan bersama dengan Dennis Ritchie membuat sebuah buku yang diberi judul 
The C programming language. Di Bell Laboratories, Kernighan bersama yang lainnya mengembangkan sebuah   operating system yang diberi nama Unix.

10. Charles Babbage


Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.

Itulah hasil rangkuman tentang orang-orang yang telah membantu perkembangan teknologi yang telah kita nikmatin sekarang ini... mungkin tanpa mereka, tugas tentang Mengenal 10 Tokoh Didalam Dunia komputer ini tidak akan bisa saya bikin seperti saat ini.