Manajemen Jaringan dan Telekomunikasi


Jaringan dan telekomunikasi berfungsi menghubungkan proses bisnis organisasi, proses bisnis menjadi terintegrasi menggunakan jaringan dan telekomunikasi. Berfungsi untuk menghubungkan proses bisnis yang terpisah oleh batas geografis. Perkembangan teknologi, terutama telekomunikasi, mengubah strategi manajemen sebuah organisasi

Persaingan telekomunikasi dimulai ketika AT&T pecah pada 1984. Pecahan dari AT&T menciptakan persaingan terhadap inovasi perangkat telekomunikasi sampai saat ini. Telekomunikasi dan jaringan memiliki peranan penting terhadap perkembangan bisnis karena desentralisasi bisnis dan globalisasi

5 Alasan Organisasi Memerlukan Telekomunikasi
a. Berbagi Sumberdaya Teknologi
  • Multiusers (satu teknologi, banyak pengguna)
  • Contoh: Remote PC, berbagi printer, file server
  • Koneksi dapat menggunakan kabel maupun wireless
b. Berbagi Data
  • Lebih krusial dibanding sumberdaya teknologi
  • Data rahasia organisasi berpotensi menjadi sasaran kejahatan
  • Menciptakan sebuah arsitektur sistem yang aman melindungi data
  • Data harus valid dan pengguna harus terotentikasi
c. Pemrosesan Data Terdistribusi
  • Bermanfaat membagai beban power ke beberapa perangkat
  • Distribusi dilakukan menggunakan model:
  • Imbasnya akan menekan pengeluaran organisasi
d. Meningkatkan Kualitas Komunikasi
  • Komunikasi menjadi hal terpenting dalam sebuah organisasi
  • Teknologi telekomunikasi berkembang mengarah pada pemanfaatan internet, seperti email dan ponsel
e. Pemasaran
  • Jaringan dan telekomunikasi tidak lagi hanya digunakan untuk kegiatan manajerial organisasi
  • Jaringan dan telekomunikasi digunakan dalam berhubungan dengan pihak di luar organisasi
  • Inovasi organisasi telah memanfaatkan wwwsebagi media transaksi maupun komunikasi
  • Transaksi tidak lagi hanya memanfaatkan cara konvensional
  • Komunikasi dengan konsumen dan rekanan bisnis
  • Oleh karena itu, kualitas jaringan dan telekomunikasi mempengaruhi kualitas proses bisnis suatu organisas
Kemampuan mengelola jaringan
a. Kemampuan seorang manajer dalam mengelola jaringan berperan krusial
b. Manajer harus mengetahui dasar keilmuan di bidang jaringan, seperti:
  • Pemilihan sinyal analog atau digital
    -Sinyal analog: UHF, telepon kabel-Sinyal digital: Satelit, internet
  • Topologi Jaringan

  •  Tipe jaringan telekomunikasi
    -Memahami masalah transmisi data
    -Mengetahui perbedaan antara bandwidth dan hertz
    -Memiliki pengetahuan mengenai jenis kabel
    -Memiliki pengetahuan mengenai perbedaan jenis komunikasi-Mengetahui perbedaan antara LAN, WAN, Wireless, dan lain sebagainya
  • Protokol dalam sebuah jaringan
    -Memiliki pengetahuan antara protocol komunikasi
    -Memilih antara OSI dan TCP/IP-Memilih antara OSI dan TCP/IP
Peranan Jaringan dan Telekomunikasi dalam organisasi
a. Proses bisnis via online
b. Konektivitas
c. Electronic data interchange (EDI)
d. Pemasaran

Tiga Segmen Utama
a. Carriers
  • Mengatasi masalah teknis mendasar dari jaringan
  • Seperti: pengkabelan, tower
b. Equipment vendors
  • Mengatasi masalah telekomunikasi dari jaringan
  •  Seperti: router, switch, hub, WAP
c. Service providers
  • Bertugas mengoperasikan jaringan
  •  Seperti: Telkom, AT&T

0 komentar

Post a Comment