Manfaat Penerapan B2B


Efisiensi perulangan waktu bisnis dengan pelanggan dan penyuplai. Efisiensi anggaran dengan cara menghandel segala transaksi secara otomatis, secara tidak langsung mengurangi pemakaian kertas dan dapat meningkatkan koordinasi dengan rekan kerja.

Business to Customer (B2C)
Perkembangan B2C seiring dengan tumbuhnya pemakaian internet oleh konsumen untuk pembelian online dan perbandingan produk dan harga. Hal tersebut ditunjang oleh produsen perangkat elektronik yang terus berinovasi dengan produk mereka produk seperti smartphone digunakan sebagai media transaksi. Selain itu banyak aplikasi yang dikembangkan dan dipasarkan ke dalam store-store.

Manfaat Penerapan B2C
a. Portal dapat diakses 7 kali 24 jam
b. Biaya lebih murah menggunakan hosting online
c. Pemanfaatan fitur multimedia sebagai penjelas produk
d. Mengelola pelanggan yang potensial
e. Distribusi produk lebih efektif
f. Jangkauan global

Website Perantara
Website perantara merupakan website yang menyediakan layananan direktori, biasanya konsumen memanfaatkan website perantara untuk mencari info produk atau sekedar membandingkan dengan produk sejenis.

Contoh Kasus
a. Ebay
Pioner dari C2C (konsumen berhubungan langsung dengan konsumen dalam proses jual beli). Karena perkembangan sekarang Ebay sudah sampai kepada proses B2B dan B2C
b. Google
Google memiliki kunci pada algoritma pencarian, sehingga hasil pencarian sangat relevan. Layanan seperti Google Maps digunakan untuk beberapa proses bisnis.
c. Facebook
Facebook mampu menghubungkan proses B2C dan C2C. Jual beli dapat dilakukan antar konsumen secara langsung atau melalui toko online.
Seperti Apa Website Harusnya

  1. Bagaimana menciptakan website yang layak digunakan untuk proses sensing.
  2. Arsitektur informasi penting menyesuaikan dengan karakteristik pengguna.
  3. Arsitektur website harus jelas dan simple.
  4. Estetika tampilan website penting menjaga pelanggan agar merasa nyaman.
  5. Perkembangan arsitektur informasi semakin terbantu dengan konsep responsive web design.
Peranan Framework
Peranan framework untuk menjaga standar website dari sisi interaksi manusia-komputer:
a. Context .
b. Content.
c. Commerce.
d. Customization.
e. Community.
f. Communication.
g. Connection.

Peranan Media Sosial
Informasi menjadi cepat tersebar karena bantuan media social dan konsumen mempertimbangkan media sosial dalam menilai kualitas produk dan layanan. Serta kualitas dapat diukur dengan jumlah ‘Like’ atau ‘Follower’.

Kesimpulan

  1. Memanfaatkan internet sebagai peningkat daya saing perusahaan
  2. Peningkatan daya saing dilihat dari sisi nilai jual dan produktifitas
  3. eBusiness merupakan konsep proses bisnis sebuah organisasi yang memanfaatkan internet
  4. Proses bisnis yang sering dimanfaatkan dalam sebuah organisasi adalah B2B dan B2C
  5. Selain itu terdapat factor lain yang melatarbelakangi kesuksesan eBusiness, seperti pemanfaatan website dan jaringan media sosial

0 komentar

Post a Comment