Contoh Kasus Dalam Sosio Teknologi Informasi


Penipuan Dalam Jual Beli atau Jasa Online

Penipuan Jual Beli Barang atau Jasa secara Online di Indonesia begitu banyak. Akan tetapi kasus yang terungkap tidaklah begitu banyak. Hal tersebut terjadi karena beberapa hal yaitu: 
  1. Korban Penipuan Jual Beli atau Jasa Online lebih banyak tidak melaporkan kepada pihak berwajib. 
  2. Tidak adanya Barang Bukti Untuk Pelaku Penipuan Jual Beli atau Jasa Online karena tidak ada lapaoran dari Korban. 
  3. Kesulitan jika website yangdigunakan berada di luar wilayah yurisdiksi Indonesia. 
Efek Sosial Media Dalam Etika Berkomunikasi 

Keberadaan media sosial memang dirasakan banyak manfaatnya. Namun, penggunaan media sosial yang tidak baik, misalnya menciptakan atau membagikan isi konten sosial media yang berisi penipuan, hoax dan sebagainya akan menyebabkan timbulnya opini publik yang merugikan banyak pihak. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dipaparkan efek media sosial pada komunikasi. 
  1. Kecanduan media sosial, maksudnya seseorang menjadi sangat terikat dengan media social, hingga seringkali mengabaikan orang.
  2. Berkurangnya intensitas dalam berinteraksi langsung dengan sesama. 
  3. Menimbulkan kecemburuan sosial. 
Penyebaran Informasi ” Hoax” Dalam Internet 

Pada kemajuan teknologi informasi komunikasi saat ini tidak hanya memberikan dampak yang positif tetapi juga memberikan dampak yang buruk. 
  1. Semakin besarnya jumlah penguna internet dan dengan mudahnya mendapatkan informasi saat ini menjadikan berita hoax semakin dengan mudah tersebar.
  2. Aturan dan pasal untuk menjerat hukuman untuk penyebar hoax belum mampu mengendalikan jumlah jumlah berita hoax yang terus terproduksi setiap waktu.
  3. Biasnya budaya-budaya pada negara yang sudah maju dalam internet/media sosial membuat berita hoax semakin mudah tersebar.

0 komentar

Post a Comment