Pengertian dan Contoh Neraca, Rugilaba, Arus Kas, Perubahan Modal

Jurnal akuntansi meliputi transaksi-transaksi finansial yang jumlah serta keterangannya ringkas, yang diantaranya waktu kejadian, keterangan transaksi tersebut, dan debit/kredit. 

A. Neraca 
Neraca dapat diartikan sebagai bentuk laporan keuangan yang dimana didalamnya terdapat informasi mengenai seluruh kekayaan yang dimiliki dari suatu perusahaan, meliputi aktiva (harta perusahaan), hutang perusahaan, dan juga modal. 


B. Laporan rugi laba 
Di dalam lapoan ini terdapat informasi pendapatan beban-beban dan laba/rugi dari suatu perusahaan ntuk satu periode, sehingga dari laporan ini akan diketahui kinerja keuangan perusahaan. 


C. Arus kas 
Laporan ini akan menunjukkan perubahan kas yang terjadi selama satu periode akuntansi. Dalam laporan ini memuat sumber perolehan kas dan pos-pos pengeluaran kas. Setiap transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan akan mengakibatkan perubahan pada pos-pos neraca. Adapun langkah-langkah dalam penyusunan laporan arus kas, yaitu : 
  1. Menyusun daftar perubahan pos-pos neraca dengan membandingkan neraca awal dan akhir suatu periode. Atau antara neraca akhir suatu periode dengan akhir periode yang lalu. 
  2. Mengelompokkan perubahan-perubahan hasil langkah pertama di atas menjadi kelompok yang mengkibatkan kas bertambah (sumber dana) dan kelompok yang mengkibatkan kas berkurang (penggunaan dana). 
  3. Mengelompokkan perubahan pada pos modal menjadi kelompok yang menjadi sumber dana dan kelompok yang menunjukkan penggunaan dana. 
  4. Menyusun hasil langkah ke-2 dan ke-3 di atas dalam bentuk laporan arus kas. 


D. Perubahan modal 
Laporan perubahan modal diperlukan untuk mengetahui maju mundurnya suatu perusahaan. Apabila modal perusahaan bertambah pada akhir tahun maka perusahaan mengalami kemajuan dan sebaliknya. Jadi laporan perubahan kas ini memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada modal (ekuitas) pemilik perusahaan. 

0 komentar

Post a Comment