Tantangan implementasi Robot di dunia kesehatan


Connectivity 
Salah satu tantangan implementasi robot dalam bidang kesehatan adalah mengenai standar. Standar digunakan dalam bidang kesehatan agar data yang dihasilkan suatu institusi dapat digunakan institusi lainnya. Contoh standard dan format data yang dihasilkan oleh robot, standar operasional, standar keamanan, standar pembiayaan pasien dll. 

Data Storage and network 
Penggunaan robot tentu perlu untuk adanya persiapan fasilitas, seperti tambahan bandwidth, data center, networking, data integration, dll 

Security 
Beberapa isu security pada robot di bidang medis: 
  • Data collectionand disclosure 
  • Malware 
  • Psychological attacks 
  • Physical attacks 
Safety 
Penggunaan robot dalam dunia kesehatan dapat dianalogikan seperti fenomena “telur dan ayam” dimana teknologi dikembangkan dengan minimnya pengujian di bidang klinis, akan tetapi pengujian dapat dilakukan dengan adanya teknologi ini. 

Efficiency 
Biaya manusia vsbiaya maintenance dan operasional. Pengembangan riset terkait robot saat ini masih didasari “technology push” daripada “market demand”. 

Practitioner Learning Curve 
Tidak semua praktisi kesehatan maupun staff dapat mengoperasikan robot dengan baik dibutuhkan biaya, dan waktu. 

Patient Satisfaction 
Tidak semua pasien mau menggunakan tindakan pengobatan dengan teknologi robot. Selain itu bagi pasien yang bersedia dilakukan pengobatan menggunakan robot mampu membayar sesi pengobatannya.

0 komentar

Post a Comment