Aplikasi Pendukung Keputusan

Decision Support System (DSS)
  1. DSS merupakan system berbasis computer.
  2. DSS didesain untuk membantu manajer untuk menghasilkan keputusan/kebijakan.
  3. DSS membantu menganalisis data dan atau model untuk menghasilkan keputusan, yang biasanya tidak terstruktur dengan baik.
  4. Contoh, data absensi karyawan, keuangan, jual-beli, dapat menghasilkan kebijakan mengenai pemberian bonus kinerja karyawan.
Contoh Kasus DSS
  1. Data yang dianalisis diambil dari data warehouse menuju transfer processing
  2. Contoh hasil keluaran: Efek keuntungan yang didapat dalam setahun jika organisasi menaikkan harga produk yang dijual sebesar sepuluh persen.
  3. California City: Sistem ini memperbolehkan petugas polisi melihat dan memanipulasi sistem. transportasi.

Data Mining
Kita sebelumnya telah mengenal data warehouse yang digunakan untuk menyimpan data dalam satu tempat. Hal tersebut dilakukan agar pengaksesan terhadap data tertentu tidak bergantung pada sistem dan teknologi yang dipakai setiap divisi.

Contoh : meski berlainan sistem operasi, setiap divisi dapat mengakses data dari data warehouse
Data mining merupakan metode pengambilan data menggunakan query tertentu. Biasanya digunakan ketika sebuah organisasi memiliki basis data yang sangat besar sehingga data mining diperlukan untuk menyeleksi data yang diperlukan untuk kebutuhan tertentu.

Apa itu OLAP (Online analytical processing)?
Kumpulan teknik pengambilan data menggunakan query tertentu. OLAP biasanya digunakan oleh anak cabang dari sebuah organisasi yang harus menyesuaikan aturan sesuai dengan budaya atau letak geografis.

Group Support System
GSS didesain lebih untuk keperluan grup dibanding individu. Jadi kebijakan yang dikeluarkan GSS berhubungan dengan kebijakan lintas divisi. 35-80 persen manajer menghabiskan waktu untuk pertemuan koordinasi antar divisi. Jadi GSS membantu manajer agar koordinasi menjadi lebih efektif.



Geographic Information System
GIS mempunyai sub bagian seperti location intelligence, geodemographics, computer mapping, and automated routing dan GIS berfungsi melakukan capture, manipulasi, menyimpan, dan menganalisis data berdasarkan pada tampilan geografis. Data hasil analisis GIS digunakan untuk pengambilan keputusan berbasis geografis wilayah. Contoh: perbedaan ketinggian wilayah, daerah rawan banjir, daerah kawasan gunung berapi.


Penerapan GIS
a. Administrasi transportasi public
b. NASA
c. Militer
d. Perencanaan tata kelola kota
e. Keperluan ekslorasi daerah mengandung minyak, gas, dsb.

Knowledge Management System
KMS merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna dan atau organisasi meningkatkan keilmuan dan kemampuan untuk bersaing. KMS menghubungkan salahsatu dari tiga:

a. People to people (contoh: expert directories)
b. People to knowledge (contoh: knowledge repositories)
c. People to tools (contoh: forum diskusi)

KMS bertujuan meningkatkan kualitas personal/organisasi agar sesuai standar yang dimana standar didasarkan pada knowledge yang dijadikan standar patokan.

Artificial Intelligence
Ide dasar dari AI (kecerdasan buatan) adalah bagaimana menciptakan komputer yang memiliki tingkah laku dan pemikiran menyerupai manusia. Penerapan AI:

a. Robotika
b. Pendingin ruangan (AC)
c. Dll

Kesimpulan
a. MSS merupakan aplikasi pendukung keputusan dari sebuah organisasi
b. Tidak seperti bahasan sebelumnya, MSS bisa jadi hanya fokus pada kebijakan masing-masing divisi
c. Organisasi modern tidak bisa lagi dilepaskan dengan MSS
d. MSS bertujuan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan strategis sebuah organisasi

0 komentar

Post a Comment