Digital Copyright - Creative Commons


Creative commons (cc) adalah suatu organisasi non profit yang berfokus untuk memperluas cakupan karya daya cipta atau kreatifitas yang tersedia untuk orang lain secara legal agar dapat digunakan kembali dan dapat disebarluaskan secara legal.

Kaitan creative commons dengan dengan perlindungan hak cipta konten digital adalah agar setiap orang yang mempunyai karya cipta atau mempunyai kreatifitas sendiri dapat di lindungi oleh creative commons yang menerbitkan lisensi hak cipta dengan tujuan melindungi karya orang lain dari pembajakan dan lisensi-lisensi ini membatasi bahkan membebaskan hak pencipta atas karyanya shingga penyebaran karya tersebut lebih mudah.

Creative commons memiliki 6 jenis sebagai berikut

1. Lisensi Atribusi (CC-BY)
Lisensi ini mengizinkan setiap orang mengubah, memperbaiki, membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial selama mereka mencantumkan kredit kepada anda atas ciptaan asli.

2. Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa (CC BY-SA)
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi "copyleft" pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial.

3. Lisensi Atribusi_TanpaTurunan (CC BY-ND)
Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit .

4. Lisensi Atribusi-NonKomersial (CC BY-NC)
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada pencipta dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.

5. Lisensi Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa (CC BY-NC-SA)
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada pemilik karya dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.

6. Lisensi Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (CC BY-NC-ND)
Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada pemilik karya, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

Contoh creative commons dalam bentuk video

 

Video berikut adalah contoh Lisensi Atribusi (CC-BY)

Lisensi ini mengizinkan setiap orang mengubah, memperbaiki, membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial selama mereka mencantumkan kredit kepada anda atas ciptaan asli.

berikut kredit yang harus di cantumkan di dalam video ini
Canon in D Major oleh Kevin MacLeod berlisensi Creative Commons Attribution (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/)
Sumber: http://incompetech.com/music/royalty-free/index.html?isrc=USUAN1100301
Artis: http://incompetech.com/

0 komentar

Post a Comment