Perbedaan Efektif dan Efisien



Efektif adalah melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan secara tepat dan benar dalam waktu yang telah ditentukan yang tidak memperdulikan seberapa banyak biaya yang dikeluarkan. Sedangkan, efisien adalah melakukan sesuatu dengan tidak melihat tujuannya, yang dimana dilakukannya penghematan waktu serta biaya, dengan kata lain efisien yaitu memaksimalkan produk dengan waktu yang singkat 

Sistem Produksi vs. Respon Kepada Konsumen


MTS : Make to Stock FS : Flow Shop 
ATO : Assemble to Order BP : Batch Production 
MTO : Make to Order JS : Job Shop 
ETO : Engineering to Order 

Tabel diatas menyatakan perbandingan antara system produksi dengan respon konsumen. Adapun yang temasuk dalam jenis system produksi adalah Make to Stock, Assemble to Order, Make to Order, dan Engineering to Order. Sedangkan yang termasuk dalam jenis respon konsumen adalah Flow Shop, Batch Production dan Job Shop. 

Pada system produksi Make to Stock respon yang diberikan dapat berupa Flow Shop dan Batch Production. Pada Assemble to Order respon yang diberikan dapat berupa Flow Shop dan Job Shop. Sedangkan Make to Order dan Engineering to Order respon yang diberikan berupa Job Shop saja. Berikut penjelasan mengenai Flow Shop, Batch Produstion dan Job Shop: 
  • Flow Shop merupakan suatu urutan pengerjaan produk yang dimana pengejaannya akan mengikuti aliran mesin produksi, dengan kata lain suatu produk akan mengikuti standar yang telah ditentukan. Jumlah produksi yang dihasilkan banyak dengan satu jenis produk. Proses produksi ini sesuai dengan Make to Stock (misalnya: pakaian) dapat dilihat dari jumlah produksinya dan juga sesuai dengan Assemble to Order (misalnya: perakitan mobil dan alat elektronik) 
  • Batch Production merupakan proses produksi yang diproduksi secara musiman atau tidak dilakukan secara terus-menerus (continue) dalam selang periode tertentu dan diproduksi dalam jumlah yang besar . Poses produksi ini sesuai dengan Make to Stock (misalnya: minuman kemasan) dapat dilihat dari jumlah produksinya. 
  • Job Shop merupakan suatu urutan pengerjaan produk yang dimana pengejaannya akan mengikuti aliran jenis pekerjaannya. Produk yang dihasilkan dari job shop ini bersifat khas, sehingga kita harus mampu mengartikan apa yang konsumen inginkan. Produk yang diproduksi yaitu bervariasi dan jumlah produknya terbatas di tiap variannya. Poses produksi ini sesuai dengan Assemble to Order, Make to Order dan Engineering to Order dapat dilihat dari jumlah produksi yang sedikit serta produk yang diproduksi sesuai dengan keinginan dari konsumen. 
Dari keterangan diatas ATO mendapat respon Flow Shop dan Job Shop, respon tersebut berdasarkan jenis/jumlah pesanan dari konsumen. 

0 komentar

Post a Comment