Telemedicine: Aplikasi dan cara kerja


Tele-consultation
Istilah umum untuk setiap konsultasi antara dokter atau antara dokter dan pasien pada jaringan atau tautan video 

Tele-Surgery 
Telesurgery berasal dari bahasa Yunani, yaitu tele yang artinya jauh dan cheirourgia yang artinya berarti bekerja dengan tangan. Pengertian Telesurgery adalah pembedahan yang dilakukan pada jarak jauh. Robot yang melakukan operasi akan tetapi robot tersebut dikendalikan oleh dokter bedah tugas secara langsung dilakukan oleh sistem robot yang dikendalikan oleh dokter bedah di site remote. Telesurgery berasal dari kata Yunani tele, yang berarti jauh dan cheirourgia, yang berarti bekerja dengan tangan.

Dr Jacques Marescaux adalah seorang ahli bedah di New York City, yang melakukan Operasi kantong empedu disebut juga dengan nama proyek Lindbergh, kepada seorang pasien di Strasbourg, Perancis. Operasi yang dilakukan sukses, sehingga dunia bedah mengalami kemajuan.

Pembedahan yang menggunakan laparoskopik tahun 1980-an, membawa Telesurgery didalamnya. Laparoskopi atau biasa disebut operasi invasif minimal adalah suatu prosedur pembedahan yang menggunakan laparoskop yaitu berupa tabung berlampu tipis dan yang lainnya yang dimasukkan kedalam perut, akan tetapi harus disayat agar dapat memasukkan laparoskopi. 
Pembedahan yang dilakukan dengan bantuan komputer pertama kali dilakukan pada 1990. Seperti ahli bedah yang mengendalikan lengan robot dengan menggunakan konsol. lengan robot tersebut akan menirukan gerakan tangan dokter bedah dan pergelangan tangannya. 

Tele-Monitoring 
Telemonitoring adalah praktek pelayanan kesehatan yang menggunakan pemantauan jarak jauh terhadap pasien di rumah dengan menggunakan teknologi telekomunikasi. Metode telemonitoring secara umum pasien akan memiliki sejumlah perangkat pemantauan di rumah yang terkoneksi dengan jaringan di rumah sakit. Hasil dari pemantauan alat ini akan dikirimkan melalui telepon/ jaringan internet ke penyedia layanan kesehatan/ rumah sakit. Telemonitoring adalah cara yang nyaman bagi pasien untuk mengontrol status kesehatan dirinya, karena tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk pergi ke rumah sakit (Louis, et al. 2003). 

Selain teknologi pemantauan yang bersifat objektif berupa tekanan darah, denyut jantung, berat badan, glukosa darah, dan hemoglobin. Program telemonitoring bisa juga untuk mengumpulkan data subjektif. Alat bisa di seting untuk memberikan pertanyaan kepada pasien seputar kesehatan dan kenyamanan pasien, pertanyaan ini dapat di seting secara otomatis dari server pusat melalui telefon/ perangkat lunaktelemonitoring. Penyedia pelayanan kesehatan/ RS kemudian dapat membuat keputusan tentang perawatan pasien berdasarkan kombinasi informasi dari data subjektif dan objektif (Polisena, et al. 2010). 

Tipe Sistem Telemedicine 

Room System: Sebuah ruangan yang di desain khusus untuk melakukan kegiatan telemedicine 

Room Presence: Room Presence biasanya dibangun dengan fasilitas layar yang besar dan banyak kamera. Ideal untuk aktifitas teleconference dengan jumlah pesertayang besar. Ruangan ini dilengkapi fasilitas operator yang dapat menggerakkan kamera, atau memilih kamera mana yang akan ditampilkan (bisa juga dengan remote). Ruangan ini membutuhkan sarana audio yang baik dan memungkinkan komputer/ laptop partisipan untuk terhubung dengan ruangan ini. 

Smart Room/House: Smart home System adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada gedung atau rumah tinggal.

Tele-Surgery Room: Sebuah ruangan yang di desain khusus untuk melakukan kegiatan telemedicine khususnya pada tindakan bedah 

Desktop System: Desktop system idealnya digunakanoleh 1 sampai 3 orang. Sistem ini hanyamembutuhkan koneksiinternet yang baik untukberoperasi. Sistem desktop memungkinkanseorang dokter untukmelihat gambar pasien atau gambar medis darikantornya. Sebuah komputer atau laptop dapatdihubungkandengan mudahdan memberikan kemampuanpeserta untukmengirim gambarmelalui teleconference. 

Mobile System Mobile Kit: Sangatideal digunakanpada lingkungan klinis dimanaunit inidapatmelakukan kunjungandarikamar-kekamar. 

0 komentar

Post a Comment