Pengertian Eliminasi Biaya dan Penerapannya Dalam Industri


Kemajuan teknologi yang berperan dalam kehidupan manusia, khususnya pada perusahaan manufaktur. Terdapat beberapa perusahaan yang masih menggunakan prosedur yang tradisional dikarenakan oleh dana yang terbatas. Dengan munculnya perusahaan asing yang menawarkan produk dengan biaya rendah namun kualitas yang sangat bagus. Hal ini akan menimbulkan tekanan berat bagi perusahaan local untuk meningkatkan kualitas dan jenis produk serta dalam waktu yang bersamaan mengurangi biaya produksi total. Akibat tekanan yang ditimbulkan banyak perusahaan yang beralih ke pendekatan Just In Time (JIT). 

Just In Time adalah system yang dimana memusatkan pada eliminasi aktivitas pemborosan dengan memproduksi produk sesuai permintaan konsumen dan membeli bahan sesuai kebutuhan. Sistem Just In Time ini dilatar belakangi oleh pemborosan tenaga kerja, ruangan dan waktu yang terjadi disebabkan adanya persediaan sehingga biaya produksi menjadi lebih tinggi. Terdapat beberapa factor yang menentukan keunggunggulan suatu perusahaan yaitu factor waktu, mutu, biaya dan sumber daya manusia. Waktu merupaka factor utama penentu keunggulan suatu perusahaan. Jika suatu perusahaan ingin unggul dari factor waktu maka perusahaan tersebut harus dapat melayani permintaan konsumen tepat waktu, mengeliminasi/mengurangi waktu untuk aktivitas yang tidak bernilai tambah, dan mengefisiensikan waktu untuk aktivitas bernilai tambah. 

Cara dalam mengurangi biaya adalah dengan mengeliminasi kelebihan penggunaan sumber daya dalam proses produksi. Aktivitas yang dilakukan antara lain sebagai berikut: 
  1. Meningkatkan kualitas proses kerja 
  2. Meningkatkan produktivitas 
  3. Mengurangi tingkat persediaan 
  4. Mengeliminasi lini produksi 
  5. Mengurangi gangguan pada mesin 
  6. Mengurangi tempat atau ruang 
  7. Mempersingkat waktu tempuh produksi 
Contoh kegiatan perusahaan yang tidak memberikan nilai tambah yaitu antrian, produksi dan proses berlebih, kesalahan dalam pengerjaan, dan penempatan SDM yang tidak sesuai dengan potensinya. Cara mengeliminasi hal-hal yang tidak efisien yaitu kita harus mengenali prosesnya, lalu menyelidiki hambatan apa saja yang terjadi dalam proses operasional perusahaan tersebut.

0 komentar

Post a Comment